Selasa, 21 Agustus 2012

Perkenalan Diri Bahsa Jepang (Jikoshoukai, 自己紹介)

Hajimemashite, はじめまして = Senang bertemu Anda.
Watashi wa …. desu, わたしは…です = Saya (nama saya) adalah …
Douzo yoroshiku どうぞよろしく= Mohon bimbingannya (arti harfiahnya = mohon kebaikan Anda)
Dalam Bahasa Jepang, Jikoshoukai biasanya ada 3 urutan yang umum diucapkan, seperti pada contoh di atas.
  1. Memulai perkenalan diri. Senang berkenalan dengan Anda. Nice to meet you (dlm bhs Inggris).
    • Hajimemashite, はじめまして.
  2. Memperkenalkan diri. Perkenalkan nama, kebangsaan, pekerjaan, dll atribut Anda.
    • Watashi wa … desu, わたしは…です = Saya (nama saya) adalah …
    • Watashi no namae wa … desu, わたしの名前は…です = Nama saya adalah …
    • Namae wa … desu, 名前は…です = Nama (saya) adalah …
    • Watashi wa … to moushimasu, わたしは…と申します = Saya dipanggil (nama saya) … <– jauh lebih sopan/ menghormat.
  3. Mohon bombingannya.
    • Yoroshiku, よろしく
    • Douzo yoroshiku, どうぞよろしく
    • Douzo yoroshiku onegai shimasu, どうぞよろしくおねがいします <– paling sopan.
Pada bagian (2) memperkenalkan atribut diri, bisa dikembangkan misalnya :
Watashi wa Indoneshia no Andi desu, わたしはインドネシアのアンディーです = Saya Andi yang berkebangsaan Indonesia.
Watashi wa Indoneshia jin desu, わたしはインドネシアじんです = Saya orang Indonesia.
Watashi wa Indoneshia kara kimashita, わたしはインドネシアからきました = Saya datang dari Indonesia.
Watashi wa sensei desu, わたしはせんせいです = Saya adalah guru.
Jika perkenalan diri sudah selesai, maka pihak lawan bicara akan menjawab :
Kochira koso yoroshiku onegai shimasu, こちらこそよろしくおねがいします = Saya juga mohon bimbingan Anda.
Contoh Percakapan :
Misalnya, Andi, seorang mahasiswa dari Indonesia datang ke Jepang, kemudian memperkenalkan diri kepada Tn Nakata.
Tn. Andi : Hajimemashite. Watashi wa Andi to moushimasu. Indoneshia kara kimashita. Watashi wa gakusei desu. Douzo yoroshiku onegai shimasu.
Tn. Nakata : Kochira koso yoroshiku onegai shimasu.
Kosa Kata Baru :
Na-ma-e, 名前 = nama
Sen-sei, せんせい = guru
Ga-ku-sei, がくせい = mahasiswa
Ka-i-sya-in, かいしゃいん = karyawan
Kei-sa-tsu-kan, けいさつかん = polisi
I-sya, いしゃ = dokter
Kan-go-fu, かんごふ = perawat
Hi-syo, ひしょ = sekretaris
In-do-ne-shi-a, インドネシア = Indonesia
A-me-ri-ka, アメリカ = Amerika (Serikat)
Me-ki-shi-ko, メキシコ = Meksiko
Fu-ran-su, フランス = Perancis
I-gi-ri-su, イギリス = Inggris
Oo-su-to-ra-ri-a, オ-ストラリア = Australia

Ohayoo gozaimas
Selamat pagi

Konnichiwa
Selamat siang

Konbanwa
Selamat malam

Ohasuminasai
Selamat tidur

Ogenki des ka
Apa kabar?

Genki des, aringatoo gozaimas
Sehat-sehat saja, terima kasih

Ya, mata
Sampai bertemu lagi

Onamae wa
Siapakah nama anda?

Watashi wa… too mooshimas. Doozo yoroshiku
Nama saya…. Senang berkenalan dengan anda

Anata wa ikaga des ka
Bagaimana dengan anda?

Kyoo wa okagen ga owarui yoo des ne
Tampaknya anda kurang sehat hari ini

Gambatte kudasai
Semoga sukses

Ogenki de/ sayoonara
Selamat jalan

Iie, dooitashimashite
Terima kasih kembali/sama-sama

Gomennasai
Maaf

Sumimasen
Maaf/permisi




1 komentar: