Selasa, 21 Agustus 2012

Perkenalan Diri Dalam Bahasa Korea & Ungkapan2-nya

# PERKENALAN DIRI
Klo memperkenalkan diri misalnya :
- Jeoneun sugae hagesseumnida = Saya akan memperkenalkan diri
- Jae ireumen Lita imnida = Nama saya adalah Lita. *
- Chonun Indonesia saramiyeyo = Saya orang Indonesia
- Jeoneun yeol daseot sal imnida, Medan godeunghakyeoe gongbu hago isseumnida = Umur saya adalah 15 tahun, saya sekolah di SMA Medan.
- kamsahamnida = terima kasih

*atau dapat juga Je ireumeun Lita - irago hamnida = nama saya adalah Lita


안녕하세요?
An-nyeong-ha-se-yo
Hallo, apa kabar?


저는 ………입니다.
Jeo-neun …………….imnida.
Saya adalah………………


만나서 반갑습니다.
Man-na-seo ban-gap-sseum-ni-da.
Senang bertemu dengan Anda/Kalian.


제 나이는 …..살입니다. / 저는 ………살입니다.
Je na-i-neun ………..sa-rim-ni-da. / Jeo-neun ………………sa-rim-ni-da.
Umur saya …………..tahun. / Saya ………………tahun


저는 …………에 삽니다.
Jeo-neun …………..-e sam-ni-da.
Saya tinggal di…………..


저는 인도네시아 사람입나다.
Jeo-neun in-do-ne-si-a sa-ram-im-ni-da.
Saya orang Indonesia.


지금 한극어를 공부하고 있습니다.
Ji-geum han-gu-go-reul gong-bu-ha-go is-seum-ni-da.
Sekarang saya sedang belajar bahasa Korea.



.. Pertanyaan terhadap orang lain ..


누구세요?
Nu-guse-yo?
Siapa ya?


어느 나라 사람입니까?
Eo-neu na-ra sa-ram-im-ni-ka?
Dari negara mana?


나이는 어떻게 되세요?
Na-i-neun eo-teo-kh’e dwe-se-yo?
Berapa umurnya?


어디에서 삽니까?
Eo-di-e-so sam-ni-ka?
Tinggal di mana?


전화 번호는 어떻게 되세요?
Jeon-hwa beon-ho-neun eo-to-kh’e dwe-se-yo?
Berapa nomor telepon Anda?

# Bahasa Sehari”
안녕 하십니까 / 안녕 하세요 (Annyeong Hasimnikka / Annyeong Haseyo) = Apa Kabar / Selamat Pagi,Siang,Sore,Malam

안녕히 가세요 (Annyeonghi Ghaseyo) = Selamat Jalan

안녕히 계세요 (Annyeonghi Gyeseyo) = Selamat Tinggal

안녕히 주무세요 / 잘자요 (Annyeonghi Jhumuseyo/Jhaljhayo) = Selamat Tidur

어서 오세요 (Eoseo Oseyo) = Selamat Datang/Silahkan Masuk

들어 어세요 (Deureo Oseyo) = Silahkan Masuk

어떻게 지내세요 (Ottokhe Jhinaeseyo) = Bagaimana Kabarnya?

잘 지내요 (Jhal Jhinaeyo) = Baik2 Saja

또 만나요 (Tto Mannayo) = Sampai Bertemu(jumpa) Lagi

실례 합니다 (Shillye Hamnida) = Permisi

하세요 (Haseyo) = Silahkan

반갑습니다 (Bhanggapseumnida) = Senang Berjumpa Dengan Anda

감사합니다 /고맙습니다 (Ghamsahamnida/Gomapseumnida) = Terima Kasih

천만에요 (Cheonmaneyo) = Terima Kasih Kembali

죄송합니다 (Jhwesonghamnida) = Mohon Maaf

미안합니다 (Mianhamnida) = Maaf

괜 찮아요 (Ghwenchanayo) = Tidak apa2/Tidak Masalah

잡수세요/식사하세요 (Jhapsuseyo/shikshahaseyo) = Silahkan Makan

잘 먹거서요 (Jhal Meokgeoseoyo) = Terima Kasih Makanannya (Bila selesai makan)

오늘 즐거웠어요 (Oneul Jeulgheoweoseoyo) = Hari ini sangat menyenangkan

주말 잘 지내세요 (Jhumal Jhal Jhinaeseyo) = Selamat Berakhir Pekan

네, 있어요 (Ne, isseoyo) = Ya, Ada/Punya

아니오, 없어요 (Anio, Opseoyo) = Tidak, Tidak Ada/Tidak Punya

배고프다 (Baegopheuda) = Saya Lapar

안돼요 (Andhweyo) = Jangan/Tidak Bisa

하지마! (Hajhima) = Jangan!

여보 세요 (Yeoboseyo) = Hallo

주세요 (Jhuseyo) = Minta

빌려 주세요 (Bhillyo Juseyo) = Pinjam

알아요 (Arayo) = Tau

알았어요 (Aratsoyo) = Mengerti/Paham

아이고! (Aigho) = Aduh!/Ya Ampun!

위 험해! (Wiheomhae) = Bahaya!/Awas!

조심해! (Jhosimhae) = Hati-hati!

좋 다!/좋아! (Jhohta/Jhoha) = Bagus!/Saya Suka!

그래요? (Gheuraeyo) = Begitu?

정말? (Jheongmal) = Sungguh?/Benar?

거짓말! (Gheojhitmal) = Bohong!

가엾어라! (Ghayeopseora) = Kasihan!

도움 해!/원조해! (Doumhae/wonjhohae) = Tolonglah!/Bantulah!

# KOSAKATA & KALIMAT TAMBAHAN
* Haksaeng = pelajar
* Taehaksaeng = mahasiswa
* Hakkyo = Sekolah
* Taehak / Taehakkyo = Universitas
* Kodunghakkyo = SMA
* Kodunghaksaeng = pelajar SMA
* Chunghakkyo = SLTP
* Chunghaksaeng = pelajar SLTP
* Ch’odunghakkyo = SD
* Ch’odunghaksaeng = Pelajar SD
* Chorop = kelulusan
* Chorop’ada = lulus (tamat sekolah)
* Cho, na = saya
* Ku = dia (laki-laki)
* Ku-nyo = dia (perempuan)
* Saram = orang
* Ige = ini
* Kuge = itu (dekat)
* Choge = itu (jauh)
* Mwo, muot = apa
* Nugu = siapa
* Uri = kami
* Saengil = ulang tahun
* Je ireum = nama saya
* Nae ireum = namaku adalah
* Jeoneun morgesseumnida = saya tidak mengerti
* Naneun mollayo = aku tidak tahu
* Naneun neorul sarang haeyo –saranghaeyo— = aku cinta kamu
* Han-gugorul kongbuhaja = ayo belajar bahasa Korea
* Odiso wassoyo? = anda berasal dari mana?
* Chonun ……. Eso wassoyo = Saya orang ……. (biasanya untuk nationality)
* Odi saseyo? = anda tinggal dimana?
* Chonun …. saramiyeyo = saya tinggal di…..
* Hangugo hal chul aseyo? = Apakah anda bisa bahasa Korea?
* Hangugo hal chul arayo = saya bisa berbahasa Korea
* Hangugorul chogumbakke = saya bisa sedikit berbahasaKorea
* Hangugorul chonhyo mot’aeyo = saya tidak bisa berbicara bahasa Korea
* Algessoyo? = apakah anda mengerti?
* Algessoyo = saya mengerti
* Morugessoyo = saya tidak mengerti
* Tasi malssumhae chuseyo = tolong katakan lagi

#ISTILAH SEDERHANA#
===============
maknae : sebutan untuk yang paling muda dalam anggota
Saranghae : ‘aku cinta kamu’ dalam bahasa korea
Mianhae : ‘maaf’ dalam bahasa korea
kamsahamnida / komawo : ‘terima kasih’ dalam bahasa korea
Yeoja : ‘perempuan’ dalam bahasa korea
Namja : ‘laki-laki’ dalam bahasa korea
chingu : ‘teman’ dalam bahasa korea
Yeoja-chingu : ‘pacar perempuan’ dalam bahasa korea
Namja-chingu : ‘pacar laki-laki’ dalam bahasa korea
Halmeoni : ‘nenek’ dalam bahasa korea
Harabeoji : ‘Kakek’ dalam bahasa korea
eomma : ‘mama’ dalam bahasa korea
appa : ‘papa’ dalam bahasa korea
ajusshi : ‘paman’ dalam bahasa korea
ajumma : ‘bibi’ dalam bahasa korea
Hyung : ‘kakak laki-laki’ dalam bahasa korea (bila yang mengucapkan adalah laki-laki)
Nunna : ‘kakak perempuan’ dalam bahasa korea (bila yang mengucapkan adalah laki-laki)
Oppa : ‘kakak laki-laki’ dalam bahasa korea (bila yang mengucapkan adalah perempuan)
Eonni : ‘kakak perempuan’ dalam bahasa korea (bila yang mengucapkan adalah perempuan)
Dongsaeng : ‘adik’ dalam bahasa korea
Yeo-Dongsaeng : ‘adik perempuan’ dalam bahasa korea
Namja-Dongsaeng : ‘adik laki-laki’ dalam bahasa korea

chingu : teman ( biasanya utk yg lebih dekat )
babo : bodoh
mianhae : maaf
mianhamnida : maaf ( lbh formal, biasanya digunakan pd org yg lebih tua )
annyeong haseyo : halo ( ucapan salam, di gunakan untuk menyapa / memberi salam )
annyeong hi-gyeseyo : selamat tinggal
sillyehamnida : permisi
hyung : kakak laki2 ( di gunakan untuk laki2 memanggil kakak laki2 )
noona : kakak perempuan ( di gunakan untuk laki2 memanggil kakak perempuan )
eonnie : kakak perempuan ( di gunakan untuk perempuan memanggil kakak perempuan )
oppa : kakak laki2 ( di gunakan untuk perempuan memanggil kakak laki2, biasanya jg kpd pacar )
eomma : ibu ( biasanya untuk umur yg msh di bawah remaja )
appa : ayah
ahjussi : paman
kansahamnida : terima kasih ( formal )
gomaweo : terima kasih ( non-formal )
cheonmaneyo : sama - sama
saengil chukkahamnida : selamat ulangtahun
yeoboseyo : halo ( di gunakan saat mengangkat telepon )
ne / ye : iya
aniyo : tidak
andwae : bukan / tidak ( yg bener yg mana ya ? )
wae : kenapa ?
sesang : dunia
cheoreom : seperti
giok : ingatan
onje : kapan ?
nomu : juga
jigum / chigum : sekarang
haengbokhaeyo : bahagia
jakku : lagi
imi : siap
dashi : lagi ( kurang tau apa perbedaannya sm jakku )
jeongmal / chongmal : benar / sungguh / kenyataan
arayo / arasho : tau
jebal : tolong / please
nun : mata
mori : kepala
moriga : sakit kepala
shimjang : hati
yonin : pasangan
yonae : kencan
namjachingu : pacar laki2
yeojachingu : pacar perempuan
namja : pria
yeoja : perempuan
mi-ting : kencan buta
yakhon : peraturan
gyo-ron : menikah
sir-yon : sakit hati
ije / ijen : sekarang
nul : selalu
nae : saya
shipo : harap
hamkke : bersama
irohke : seperti ini
saram : orang
no : kamu ( informal )
noye : kamu
sarang : cinta
hwa jang sil : toilet
eotteokhae : bagaimana ?
mwo : apa ?
nugu : siapa ?
odi : dimana ?



7 komentar: